this site
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Cara membuat Client, Organisasi dan User pada Adempiere
Cara membuat Client, Organisasi dan User pada Adempiere
1.      Pertama-tama login dengan User ID = System dan Password = System, kemudian pilih centang (√)


2.      Pilih centang (√) lagi,


3.      Masuk ke dalam tab System Admin > Client Rules > Initial Client Setup


4.      Buatlah client sesuka hati anda. Ingat! contoh kasus di tutorial ini saya buat client dengan nama Labeneamata


5.      Apabila semua diinputkan dengan benar, tekan tombol START dan tunggu hingga proses berakhir. Akan muncul proses pembuatan client seperti gambar di bawah.



6.      Logout, dan coba login lagi dengan menggunakan User ID = LabeneamataAdmin dan Password = LabeneamataAdmin, Jangan Lupa pilih centang


7.      Apabila berhasil maka akan muncul tampilan berikut.


8.      Pekerjaan pertama kita sudah selesai. Sekarang kita lanjutkan dengan mengedit client yang sudah kita buat tadi. Caranya, masuk (tentunya dengan LabeneamataAdmin) ke System Admin > Client Rules > Client


9.      Silahkan edit client yang sudah anda buat sesuka hati anda. Misalkan dengan menambahkan description atau dengan menginputkan mail host. Lihat gambar berikut!


10.  Apabila selesai di edit, jangan lupa untuk menyimpannya. Seperti biasa, tekan tombol yang bergambar seperti disk di atas! Maka akan tampil gambar berikut.


11.  Setelah selesai membuat client, hal kedua yang penting adalah ORGANIZATION! Saya suka menyebut dengan organisasi. Organisasi berada di bawah client. Sebagai contoh apabila client kita adalah PT. Labeneamata dan perusahan tersebut memiliki cabang di beberapa tempat maka cabang2 tersebut termasuk di dalam organisasi-nya. Mudeng?

Nah untuk membuat organisasi, silahkan masuk ke System Admin > Organization Rules > Organization (Lihat gambar di bawah!)


Di dalam organisasi, silahkan kawan2 inputkan bagian2 apa saja yang ada di dalam perusahaan/client yang kalian buat. Sebagai contoh untuk PT. LABENEAMATA, saya buatkan 3 organisasi di dalamnya, yaitu: HQ atau Kantor Pusat, Gudang Barang, dan Gudang Perakitan. Jangan lupa untuk membuat organisasi baru, JANGAN MENGHAPUS organisasi yang sudah ada!

Gambar berikut menunjukkan proses membuat organisasi baru (Gudang Barang)


Gambar berikut menunjukkan semua organisasi di bawah client PT. LABENEAMATA


Jangan lupa untuk menginputkan alamat organisasi di tab Organization Info


Okeee.... Kalo selesai, silahkan logout kemudian login dengan menggunakan LabeneamataAdmin maka tampilan yang muncul adalah sebagai berikut:




Bagaimana? Sampai disini cukup paham kan? Kalo ada pertanyaan bisa hubungi saya di maen2maen@gmail.com Baiklah mari kita lanjutkan dengan membuat user dan role, untuk memberikan hak akses kepada siapa saja yang berhak untuk mengakses client dan organisasi yang sudah dibuat.

Untuk membuat user, silahkan masuk login dengan LabeneamataAdmin dan masuk ke System Admin > General Rules > Security > User


1.      Silahkan isi data user yang ingin kalian buat. Saya membuat sebuah user dengan nama Milito kemudian saya berikan password untuk user tersebut.


2.      Pada tab User Roles, saya aktifkan role sebagai Labeneamata User. Artinya user dengan nama Milito akan bisa login sebagai LabeneamataUser.


3.      Untuk mempermudah, dibagian Org Assignment saya cantumkan user dengan nama Milito sebagai karyawan baru dengan masa kontrak kerja 1 tahun. Artinya si Milito akan bisa login ke dalam client  Labeneamata hingga setahun ke depan.


4.      Pada tab Org Access, saya berikan hak akses kepada si Milito untuk Organisasi Kantor Pusat. Selain dari organisasi tersebut, si Milito tidak mendapat hak akses.


5.      Langkah terakhir adalah mencoba user yang telah kita buat tadi. Silahkan logout kemudian masuk dengan UserID dan password sesuai dengan user yang telah kita buat tadi. Lihat gambar di bawah!

Apabila berhasil, akan terlihat jelas bahawa user Milito akan mempunyai role Labeneamata User dan hanya bisa mengakses organisasi Kantor Pusat.

Silahkan bandingkan isi Client Rules dari user Milito dengan Client Rules pada Labeneamata Admin! Tentunya sangat berbeda

Cukup dulu ya…  sampai ketemu di tutorial berikutnya
2 komentar
  1. Misi om, mau tanya cara menghapus client gimana yaa?

  1. Halo kak kira kira sudah tau caranya belum ?

Posting Komentar

Followers

Total Tayangan Halaman


MusicPlaylistRingtones
Create a playlist at MixPod.com

RockInbox

Rockin Frase

Powered By Blogger
chromatic crew. Diberdayakan oleh Blogger.
bloguez.com

flag counter

free counters

Make Widget