this site
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Apresiasi untuk The Doors
The Doors
Masih Laris Manis setelah 40 Tahun Berlalu  




Los Angeles—1979, delapan tahun setelah kematian vokalis Jim Morrison, lagu band The Doors, “The End”, membakar hati penonton film selama adegan pembuka epik Vietnam yang menjadi film penting Francis Ford Coppola, Apocalypse Now.
Kemudian, 1991, film biografi The Doors karya Oliver Stone menyalakan kembali minat terhadap band ini, kenang manajer Jeff Jampol, berkomentar tentang popularitas abadi dan berulang band tersebut.
Kini, para anggota yang masih tersisa—kibordis Ray Manzarek, gitaris Robby Krieger, dan drumer John Densmore—sedang bersiap-siap merayakan ulang tahun ke-40 album bertitelkan nama sendiri tahun 1967 dengan serangkaian kegiatan untuk kembali menyalakan minat terhadap band ini di antara generasi baru.
Sebuah biografi resmi pertama band ini dan sebuah promosi dari mulai nada dering hingga produksi teatrikal di Las Vegas yang akan menampilkan musik kelompok ini tengah digodok.
Sementara itu, The Doors telah menjadi salah satu kiprah rock yang paling sering ditulis dan diterbitkan ulang, satu paket ulang “Perception” dari Rhino/Elektra Records dan buku The Doors by the Doors yang diterbitkan Hyperion akan dijual dengan sesuatu yang berbeda.
The Doors by the Doors, terbit 7 November, adalah sejarah lisan yang ditulis Ben Fong-Torres, jurnalis yang melakukan wawancara terakhir dengan Morrison dan kemudian menulis obituari Rolling Stone.
Sementara mengerjakan buku tersebut, Fong-Torres melahap setiap keping musik Doors, arsip rekaman video dan wawancara yang telah diterbitkan dan kemudian menggali lebih dalam, melakukan wawancara baru dengan tiga anggota tersisa, keluarga mereka, dan rekan-rekan dekat mereka.
“Ada lebih banyak detail dari sahabat-sahabat yang belum diungkapkan sebelumnya, karena saya mewawancarai mereka dan menanyakan lebih banyak detail dan lebih banyak informasi,” kata Fong-Torres.
Buku setebal 288 halaman juga akan memasukkan foto-foto dan memorabilia yang belum pernah diterbitkan, termasuk lukisan-lukisan Morrison dan lirik dengan tulisan tangannya kepada “L.A. Woman”. Semua itu didapat Fong-Torres dari Diane Gardner, mantan juru bicara Doors, yang tinggal di aparteman di bawah kekasih Morrison, Pamela Courson. Di apartemen Gardner-lah kesempatan pertemuan antara Fong-Torres dan Morrison menjadi wawancara terakhir yang diterbitkan.

Suara Baru
Sementara itu, The Doors by the Doors akan menyenangkan para penggemarnya dengan detail-detail baru di belakang kemashyuran dan kejatuhan band tersebut, satu paket berisi 12-cakram “Perception”, yang diterbitkan 21 November, menjanjikan pengungkapan aspek-aspek suara yang belum pernah diperdengarkan kepada para penggemar setia. Set tersebut terbagi menjadi dua yang terdiri atas enam CD dan enam DVD, menampilkan enam album band tersebut yang direkam di studio Elektra.
Berbeda dari album-album paket ulang lainnya, “Perception” memasukkan stereo baru dari enam album, yang memasukkan vokal-vokal latar dan editan-editan yang ditinggalkan album orisinal. Album-album versi DVD memasukkan galeri foto, lirik, diskografi, dan dua video lagu pada tiap-tiap cakram.
“Ada banyak hal yang tidak digunakan dalam album-album pada saat itu—vokal harmoni, parts gitar yang berbeda—dan kami mengembalikannya, jadi mereka yang mendengar versi baru akan mendengar banyak hal baru,” kata Bruce Botnick, engineer setia Doors, yang menyupervisi set baru tersebut.
“Album pertama (The Doors (1967)) tidak pernah terdengar dalam kecepatan yang tepat,” kata Botnick. “Album tersebut selalu terdengar lamban. Jadi, mereka yang membeli album-album baru ini akan mendengarnya dalam kecepatan yang tepat untuk pertama kali.”
Bahkan, sebelum pembukaan resmi peringatan ulang tahun ke-40 dimulai, Doors sekali lagi membuktikan kemampuan komersial mereka. Pada Agustus lalu, Rhino/Elektra mengeluarkan kembali CD ganda The Best of the Doors, yang kembali menduduki posisi nomor satu pada tanggal album katalog Top Pop Billboard.
“The Doors telah menjadi merek ikonik selama 39 tahun,” kata Jampol. “Saya benar-benar berada dalam posisi yang mewah dan bersyukur karena memiliki sebuah merek yang benar-benar relavan hingga saat ini.”
0 komentar

Posting Komentar

Followers

Total Tayangan Halaman


MusicPlaylistRingtones
Create a playlist at MixPod.com

RockInbox

Rockin Frase

Powered By Blogger
chromatic crew. Diberdayakan oleh Blogger.
bloguez.com

flag counter

free counters

Make Widget