this site
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Grand Funk Railroad
Grand Funk Railroad, atau sering disebut Grand Funk adalah grup musik rock Amerika Serikat. Grup ini dibentuk dari sisa-sisa Terry Knight and the Pack yang dipimpin Terry Knight, ditambah anggota band lokal asal Flint, Michigan. Bulan Desember 1970, grup ini disebut-sebut sebagai band terpanas di Amerika Serikat. Penggemar menggemari mereka, walaupun mereka dibenci kritikus musik dan radio tidak banyak yang mau memutar lagu mereka.

Walaupun bernama Grand Funk Railroad, band ini bukan band berirama funk. Nama band ini berasal dari permainan kata dari jalur kereta api Grand Trunk Railroad yang lewat di kota Flint, Michigan. Formasi Grand Funk Railroad yang sekarang menyebut band ini dengan sebutan "The American Band" yang diambil dari lagu hit mereka "We're an American Band".

Band ini dibentuk tahun 1969 oleh Mark Farner (vokal, gitar) dan Don Brewer (vokal, drum) asal Terry Knight and the Pack ditambah Mel Schacher (gitar bass) dari Question Mark & the Mysterians. Mantan rekan sesama band, Terry Knight diangkat sebagai manajer mereka. Setelah sukses dengan penampilan di Festival Pop Atlanta, mereka dikontrak Capitol Records.

Album perdana mereka adalah On Time yang meraih status piringan emas pada tahun 1970. Masih di tahun yang sama, album kedua, Grand Funk laris hingga mendapat piringan emas. Singel hit mereka adalah "Closer To Home" (alias "I'm Your Captain") dari album Closer to Home di tahun 1970, yang warna musiknya mirip-mirip Terry Knight and the Pack. Tahun berikutnya (1971), jumlah penonton yang menghadiri konser Grand Funk Railroad di Stadion Shea mengalahkan jumlah penonton The Beatles' di stadion yang sama. Tiket konser juga sudah terjual habis dalam waktu 72 jam.
0 komentar

Posting Komentar

Followers

Total Tayangan Halaman


MusicPlaylistRingtones
Create a playlist at MixPod.com

RockInbox

Rockin Frase

Powered By Blogger
chromatic crew. Diberdayakan oleh Blogger.
bloguez.com

flag counter

free counters

Make Widget